Memberikan pelayanan kepada pelanggan adalah salah satu strategi terbaik untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan agar customer tidak berpaling kepada produsen lain. Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan baik yang baru maupun yang sudah lama dalam sebuah bisnis itu hukumnya wajib.
Customer service biasanya akan menjelaskan secara detail semua pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan atau client. Nah, disini kira-kira seperti apa cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, agar pelanggan atau client tersebut merasa puas.
Tidak hanya di instansi perusahaan saja yang terkait dengan memberikan pelayanan. Sebagai seorang pelaku bisnis atau usaha, anda wajib memberikan pelayanan terbaik. Gunanya untuk meningkatkan pejualan, pendapatan serta kepercayaan dari sang pembeli.
Customer service biasanya akan menjelaskan secara detail semua pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan atau client. Nah, disini kira-kira seperti apa cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, agar pelanggan atau client tersebut merasa puas.
Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan |
Tidak hanya di instansi perusahaan saja yang terkait dengan memberikan pelayanan. Sebagai seorang pelaku bisnis atau usaha, anda wajib memberikan pelayanan terbaik. Gunanya untuk meningkatkan pejualan, pendapatan serta kepercayaan dari sang pembeli.
Cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
Ada beberapa faktor dan hal yang wajib anda perhatikan dalam memberikan pelayanan terbaik antara lain.
#bahasa yang mudah dimengerti
Berikan kepada pelanggan yakni bahasa yang mudah dimengerti agar pelanggan mampu menangkap apa yang anda jelaskan. Bahasa yang mudah dipahami bisa menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
#memberikan pelayanan dengan berbicara pelan dan jelas
Seringkali kita jumpai customer service yang mencoba menjelaskan namun dengan nada yang cepat yang justru akan membuat kita malas untuk mendengarkan bahkan tidak mengerti apa yang mereka jelaskan. Untuk itu cobalah untuk berbicara pelan dan jelas kepada pelanggan agar mereka memahami apa yang anda jelaskan.
Pada beberapa kasus seperti menawarkan sebuah produk atau jasa namun dengan nada bicara yang cepat, yang justru bertujuan membingungkan pelanggan agar pelanggan mau bergabung. Cara seperti ini sering saya temukan pada sebuah Asuransi kesehatan yang seharusnya tidak menjebak customer dengan gaya bahasa.
#gaya bahasa yang sopan dan lembut
Sebagai seorang pelanggan, siapa sih yang tidak ingin dilayani dengan baik, dengan sopan dan lembut. Sudah pasti anda sebagai pelanggan ingin dihormati dengan tutur bahasa yang santun.
Tugas anda sebagai pelayan pelanggan adalah melayani pelanggan dengan bahasa yang sopan dan lembut. Agar nanti kedepannya pelanggan tidak sungkan kepada anda.
#hindari unsur paksaan
Siapa sih yang suka dipaksa? Tentu tidak ada yang mau kan jika dipaksa. Begitu juga kepada pelanggan, jangan sekali-kali memaksa untuk dan harus agar pelanggan mengikuti ajakan anda.
Pelanggan juga mempunyai hak untuk memilih serta memutuskan. Maka tugas anda sebagai pelayan hanya menjelaskan secara detail, sopan dan lembut.
Baca artikel lain :
Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan diharapkan anda mampu memperhatikan style dan gaya berpakaian yang pas serta enak dipandang mata.
Sehingga pelanggan akan merasa nyaman dengan penampilan anda yang sedap dipandang mata.
Mungkin sekian sedikit tentang cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jika masih ada yang kurang, bisa anda tambahkan melalui komentar.